Rabu, 03 Mei 2023

Resep Marmer butter cake

.

By @ciprutlestari
Bahan-bahan :
250 gr Butter berkualitas (bisa mix dgn margarin/full margarin, aku full pakai Blueband Cake & Cookies)
200 gr Gula pasir halus (aku pakai gula halus)
4 btr Telur ukuran besar
1 sdt Vanila (aku pakai Vanili bubuk)
225 gr Terigu protein sedang (aku pakai segitiga biru)
2 sdt Baking Powder (BP)
1/2 sdt Garam (aku skip krn blueband sudah asin)
50 ml Susu cair suhu ruang
2 sdm Coklat bubuk, larutkan dgn sdkit air panas hingga jd pasta

Langkah
1. Panaskan oven 180°C. Siapkan loyang, bisa pakai loyang loaf 22x10x10 (aku pakai loyang tulban 23cm). Semir dgn margarin & olesi dgn tepung tipis saja.

2. Ayak terigu + BP, sisihkan.

3. Kocok butter dgn mixer hingga lembut (medium-high speed). Masukkan gula halus, kocok lagi hingga creamy & pucat. Masukkan telur 1 per 1. Kocok dgn mixer asal rata saja setiap memasukan telur (low-medium speed). Lakukan hingga telur habis. Masukan garam + vanila. Kocok rata.

4. Masukan campuran terigu + BP dalam 3 tahap. Selang seling dgn susu cair dalam 2 tahap. (Urutannya : terigu, susu, terigu, susu, terigu). Kocok rata dgn mixer (low speed). 5. Ambil sebagian adonan, beri pasta coklat. Aduk rata dgn whisk/aduk balik dgn spatula. Sisakan adonan warna putih.

6. Masukkan adonan putih dan coklat selang seling secara acak ke dalam loyang. Buat motif marble/marmer dgn menggunakan pisau/tusuk sate.

7. Panggang hingga matang & permukaannya coklat, sekitar 45 menit (tergantung oven masing2 ya, aku 40 menit api bawah, 10 menit api atas bawah. Total 50 menit). Lakukan tes tusuk ya biar yakin mateng/blm.

8. Setelah matang keluarkan dari oven, dinginkan dan siap untuk di potong2


Tidak ada komentar:

Posting Komentar